Record Details

Penerapan Pendekatan Pakem melalui Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Sifat - Sifat Bangun Datar di Kelas 2 SD Negeri Bendo 2 Kota Blitar

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Pendekatan Pakem melalui Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Sifat - Sifat Bangun Datar di Kelas 2 SD Negeri Bendo 2 Kota Blitar

 
Creator tamimah, nasiatut
 
Description Berdasarkan  hasil observasi awal diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas II SD Bendo 2 Kecamatan  Kepanjenkidul Kota Blitar belum optimal.. Dari rumusan masalah tersebut, pemecahannya adalah menggunakan langkah-langkah pendekatan PAKEM. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas II SD Negeri Bendo 2 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar  Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 26 orang. Dalam pelaksanaannya penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus mencakup empat tahap yaitu : (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (acting); (3) pengamatan (observing); dan (4) refleksi (reflecting). Dari hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya yaitu dilihat dari segi keaktifan siswa, keaktifan guru maupun hasil belajar siswa. Data tentang keaktifan siswa pada siklus I sebesar 45%, dan pada siklus II meningkat menjadi 65%. Kemudian data tentang hasil belajar siswa nilai rata-rata pada siklus I sebesar 58,5 dengan ketuntasan siswa sebesar 60% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 70,5 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 90%. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai, dapat disimpulkan  penerapan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan kreatifitas serta hasil belajar siswa.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2020-07-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/264
10.28926/riset_konseptual.v4i3.264
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020; 488-499
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020; 488-499
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/264/257
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0