Record Details

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Kasih Sayang pada Siswa Kelas I di SDN 3 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Kasih Sayang pada Siswa Kelas I di SDN 3 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019

 
Creator Juwariyah, Siti
 
Description Kesulitan pada mata pelajaran IPS disinyalir  karena luasnya materi. Jadi bukan karena tingkat kesulitan yang tinggi. Materi yang dipelajari siswa sangat luas. Siswa dihadapkan pada kajian dari masa lalu sampai kemungkinan masa depan. Dasar pemikiran dari peneliti dalam melaksanakan penelitian ini adalah karena rendahnya prestasi belajar siswa dalam 2 tahun terakhir, khususnya pada mata pelajaran IPS. Apabila dibandingkan dengan mata pelajaran lain, siswa merasa lebih sulit mempelajarai IPS. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mengacu pada kondisi tersebut, maka guru menetapkan model pembelajarann Think Pair Share sebagai model pembelajaran yang cocok untuk diterapkan. Sesuai dengan data-data yang disampaikan, maka dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran TPS sangat bermanfaat untuk meningkatkan presrasi belajar siswa. Tetapi tentunya tidak semua materi dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran ini. Guru harus jeli dan pandai-pandai memilih materi yang mempunyai karakteristik yang sesuai dengan model pembelajaranTPS. Untuk menarik simpulan penelitian sebelumnya ditampilkan data berikut: a. Siswa tuntas pada siklus I sebanyak 7 siswa  (70%). Siswa tuntas pada siklus II adalah 9 siswa (90%). Tingkat ketuntasan belajar naik sebanyak 2 siswa (20%). b.Rata-rata kelas pada siklus I adalah 84. Rata-rata kelas pada siklus II adalah 89. Nilai rata-rata kelas naik sebesar 5 poin. Berdasarkan data di atas, maka kesimpunan yang diambil adalah : “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat Meningkatkan  Prestasi Belajar IPS Materi Kasih Sayang pada Siswa Kelas I di SDN 3 Bogoran Kecamatan Kampak  Kabupaten Trenggalek Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-07-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/385
10.28926/riset_konseptual.v5i3.385
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021; 391-399
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021; 391-399
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/385/349
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0