Record Details

Tingkat Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 5 Karawang

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Tingkat Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 5 Karawang

 
Creator Romadhani, Niken
Surmarsono, Rhama Nurwansyah
Resita, Citra
 
Description Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat keidisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 5 Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dalam bentuk data kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI sebanyak 429 siswa, sampel dalam penelitian yang menjadi responden berjumlah 207 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling dengan rumus slovin. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner melalui Google Form. Lembar angket berisikan 4 alternatif jawaban yang diambil melalui skala likert. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 5 Karawang diperoeh faktor jenis kedisiplinan yang terdiri dari indikator bertanggung jawab dengan persentase 87,03% dengan kategori tinggi, indikator murah hati dengan persentase 80,97% dengan kategori tinggi, indikator kejujuran sikap dengan persentase 84,94% dengan kategori tinggi, dan indikator berani menegakan kebenaran dengan persentase 74,01% dengan kategori sedang. Mengacu pada data penelitian tingkat kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 5 Karawang secara keseluruhan dapat disimpulkan kedisiplinan siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 81,74%.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-01-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/421
10.28926/riset_konseptual.v6i1.421
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022; 1-7
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022; 1-7
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/421/375
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0