Record Details

Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Merancang Instrumen Tes Melalui Pelatihan Terintegrasi Self Assessment

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Merancang Instrumen Tes Melalui Pelatihan Terintegrasi Self Assessment

 
Creator Sitio, Olimpia
 
Description Proses penilaian merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan dari proses pembelajaran. Kevalidan simpulan dari hasil penilaian sangat bergantung pada proses dan kualitas instrumen tes. Namun di SDN 144/V Betara Kiri guru-guru tidak pernah mengembangkan instrumen tes untuk proses penilaian. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan 8 guru SDN 144/V Betara Kiri dalam merancang instrumen tes. Pelatihan dilakukan dengan mengintegrasikakn self assessment yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Terdapat 3 aspek yang dinilai dari instrumen tes yang dikembangkan yakni isi, konstruk soal, dan bahasa. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dari hasil validasi ahli dan kualitatif dari hasil wawancara dan masukan oleh validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam merancang instrumen tes mengalami peningkatan yang diindikasikan dari peningkatan rata-rata skor yakni dari 83,45 menjadi 89,75. Berdasarkan hasil wawancara, guru-guru memberikan pendapat bahwa self assessment berguna dalam membantu pemahaman mereka.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2020-04-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/219
10.28926/riset_konseptual.v4i2.219
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020; 299-306
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020; 299-306
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/219/233
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0