Record Details

Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Panji Berbasis Content Language Integrated Learning (CLIL) untuk SMK

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Panji Berbasis Content Language Integrated Learning (CLIL) untuk SMK
 
Creator Utami, Sri
Sadiyah, Lailiyatus
 
Subject Pendidikan Bahasa Indonesia
bahan ajar, cerita panji, clil
 
Description Penelitian ini merupakan inovasi yang mengintegrasikan budaya Indonesia (Cerita Panji) dengan teori perkembangan bahasa yang telah diterapkan di dunia, CLIL. Secara khusus , penelitian ini bertujuan: (1) menciptakan bahan ajar Cerita Panji bermuatan CLIL; (2) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar Cerita Panji bermuatan CLIL. Penelitian ini didasarkan pada model penelitian R&D dengan menerapkan lima dari sepuluh tahap. Penelitian ini dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian oleh validator ahli, guru bahasa Indonesia SMK, dan peserta didik kelas X SMK. Data kualitatif berupa komentar yang dikemukakan validator ahli, guru bahasa Indonesia SMK, dan peserta didik kelas X SMK. Berdasarkan data tersebut, bahan ajar ini layak diimplementasikan dalam pembelajaran di SMK.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor DRPM
 
Date 2020-02-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

R&D
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/379
10.28926/briliant.v5i1.379
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020; 27-35
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020; 27-35
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/379/pdf
https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/downloadSuppFile/379/54
 
Rights Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0