Record Details

Menanamkan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Peserta Didik dengan Teknik Gedrik

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Menanamkan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Peserta Didik dengan Teknik Gedrik
 
Creator yumanah, yumanah
 
Subject pendidikan bahasa indonesia
gedrik; mata uang; karakter; nasionalisme
 
Description Modernisasi dan globalisasi membawa dampak positif dan negatif. Dampak negatif timbul karena menurunnya jiwa nasionalisme. Penanaman jiwa nasionalisme salah satunya melalui pembelajaran di sekolah dengan memberikan pendidikan karakter. Dalam artikel ini penulis memaparkan cara menanamkan karakter melalui pembelajaran Bahasa Indonesia pada kompetensi dasar menulis teks cerita sejarah dengan menggunakan teknik permainan Gedrik dan media mata uang kertas rupiah. Pemilihan permaian Gedrik karena dalam permainan Gedrik banyak sekali manfaatnya untuk perkembangan fisik maupun psikis. Penggunaan media mata uang kertas rupiah dimaksudkan agar peserta didik lebih tertarik dan di dalam mata uang tersebut terdapat gambar pahlawan yang dapat digunakan sebagai sumber inspirasi menulis teks cerita sejarah. Tujuan penulisan artikel ini: (1) mendeskripsikan penerapan permainan Gedrik dan penggunaan media uang kertas rupiah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk menanamkan karakter, (2) menjelaskan karakter yang dapat ditanamkan kepada peserta didik melaui permainan Gedrik dan media mata uang kertas rupiah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dan subyek penelitiannya kelas XII TKJ 4. Hasil pembelajaran dari aspek afektif, aktivitas peserta didik dalam kategori baik. Aspek psikomotorik dalam melakukan diskusi termasuk dalam kategori baik. Aspek psikomotorik dalam menulis teks cerita sejarah peserta didik yang mencapai ketuntasan ada 30 (88.23%) dan yang belum mencapai ketuntasan ada 4 (11.76%). Dari aspek kognitif peserta didik yang mencapai ketuntasan ada 32 (94.12%) dan yang belum mencapai ketuntasan ada 2 (05.88%). Ketuntasan minimal yang berlaku 75.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2019-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

Penerapan permainan
 
Format application/msword
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/353
10.28926/briliant.v4i3.353
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019; 341-351
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019; 341-351
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/353/pdf
 
Rights Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0