Record Details

Korelasi Antara Pembiasaan Membaca Dan Gemar Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Korelasi Antara Pembiasaan Membaca Dan Gemar Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung
 
Creator Siswanti, Endah
Baehaki, Imam
Listyarini, Sri
 
Subject
Pembiasaan Membaca; Gemar Membaca; Hasil Belajar Bahasa Indonesia
 
Description Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pembiasaan membaca dengan gemar membaca siswa, mengetahui korelasi antara gemar membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia, mengetahui korelasi antara pembiasaan membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia, dan mengetahui korelasi antara pembiasaan membaca dan gemar membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan kuantitatif noneksperimen dengan metode Ex-post Facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar yang berada di wilayah Kecamatan Ngunut tahun Pelajaran 2019-2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih dengan metode Multi Stage Sampling yang terbagi menjadi 2 tahap, yakni dengan cluster samping dan random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 siswa dari gugus 3. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan studi dokumen hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) terdapat korelasi yang signifikan antara pembiasaan membaca dengan gemar membaca siswa kelas V SD di Kecamatan Ngunut, ditunjukkan dengan nilai signifikansi t < 0,05, yang berarti ada korelasi yang signifikan antara variabel X1 dengan variabel X2, (2) terdapat korelasi yang signifikan antara gemar membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD di Kecamatan Ngunut, ditunjukkan dengan nilai signifikansi t sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X2 dengan variabel Y (3) terdapat korelasi yang signifikan antara pembiasaan membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD di Kecamatan Ngunut dibuktikan dengan nilai signifikansi t sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X1 dengan variabel Y (4) terdapat korelasi  yang signifikan antara pembiasaan membaca dan gemar membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD di Kecamatan Ngunut, ditunjukkan melalui hasil uji F dengan nilai signifikansi F kurang dari 0,05 yang menunjukkan bahwa variabel X1 dan X2 secara bersama-sama mempengaruhi Y, dan hasil nilai korelasi determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,542 yang artinya  54,2% variabel Y dipengaruhi oleh variabel X1 dan X2, sedangkan sisanya 45,8% dipengaruhi oleh faktor lain
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2021-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/644
10.28926/briliant.v6i3.644
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 3 (2021): Volume 6 Nomor 3, Agustus 2021; 586-595
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 3 (2021): Volume 6 Nomor 3, Agustus 2021; 586-595
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/644/pdf
 
Rights Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0