Record Details

Penggunaan Model Time Token Arends Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Menyimak Laporan Perjalanan Siswa Kelas VIIIA SMPN 1 Jelbuk Jember

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penggunaan Model Time Token Arends Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Menyimak Laporan Perjalanan Siswa Kelas VIIIA SMPN 1 Jelbuk Jember
 
Creator Mardiani, Indana
 
Subject
hasil pembelajaran menyimak; model time token arends; laporan perjalanan
 
Description Permasalahan yang dihadapi guru pada siswa kelas VIIIA SMPN 1 Jelbuk adalah kemampuan siswa dalam menyimak laporan perjalanan masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal0 yang ditentukan sekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru menerapkan model Time Token Arends. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan diterapkannya model Time Token Arends dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyimak laporan perjalanan pada siswa kelas VIIIA SMPN 1 Jelbuk Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016. Prosedur penelitian dilakukan dengan observasi awal, pada tahap ini nilai yang diperoleh siswa adalah 76 dengan ketuntasan klasikal mencapai 70 % dan terdapat 11 siswa yang belum tuntas. Penelitian dilanjutkan dengan siklus I yang memperoleh rata-rata nilai 81 dan ketuntasan klasikal 81 %. Pada siklus II, ketuntasan klasikal mencapai 95% dan nilai rata-rata kelas 87 dan ada 2 siswa yang tidak mencapai KKM. Penelitian pada siklus II model Time Token Arends dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menyimak laporan perjalanan.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2019-11-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/370
10.28926/briliant.v4i4.370
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019; 424-435
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019; 424-435
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/370/pdf
 
Rights Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0