Record Details

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATEMATIKA DENGAN TEORI RESPON BUTIR

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATEMATIKA DENGAN TEORI RESPON BUTIR
 
Creator Kurniawan, Devi Dwi
 
Subject Pendidikan

 
Description Studi ini bertujuan untuk melihat kualitas tes ujian akhir semester (UAS) matematika dengan teori respon butir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah respon siswa dalam tes bentuk pilihan ganda UAS I matematika kelas VIII SMP Pondok Modern Selamat Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk melihat kualitas soal UAS I matematika dengan teori respon butir dilakukan dengan bantuan program BILOG. Pada penelitian ini analisis kualitas soal dengan teori respon butir menggunakan model dua parameter logistik (2-PL) yakni parameter daya beda (a) dan parameter tingkat kesukaran (b). Hasil analisis kualitas soal menggunakan program BILOG menunjukan bahwa dari 30 butir yang dianalisis dengan teori respon butir model dua parameter logistik terdapat 13 butir (43,33%) yang termasuk dalam kategori butir yang baik, sedangkan 15 butir (50%) yang termasuk kategori yang tidak baik dan 2 butir (6,67%) yang secara otomatis gugur saat proses analisis sehingga tergolong kedalam kategori butir yang tidak baik.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2019-05-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/316
10.28926/briliant.v4i2.316
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 4, No 2 (2019): Volume 4 Nomor 2, Mei 2019; 215-224
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 4, No 2 (2019): Volume 4 Nomor 2, Mei 2019; 215-224
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/316/pdf
 
Rights Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0