Pengaruh Metode Field Trip Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Ngantru
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Metode Field Trip Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Ngantru
|
|
Creator |
Susanto, Didik
Baehaki, Imam Juhana, FNU |
|
Subject |
Pendidikan
Metode Field Trip; Keaktifan Siswa; Hasil Belajar |
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode field trip terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD di Kecamatan Ngantru. Penelitian ini merupakan penelitian quasy exsperimen control group design dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Kecamatan Ngantru, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Batokan sebagai kelas kontrol dan SDN Pakel sebagai kelas eksperimen.Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama dengan multi stage sampling dan tahap kedua adalah purposive sampling.Variabel bebas pada penelitian adalah metode field trip, sedangkan variabel terikat adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tehnik tes yaitu dengan pre test dan post test. Selain itu, peneliti juga menggunakan tehnik non tes yaitu dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji_T (uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis) menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh metode field trip terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD di Kecamatan Ngantru dari hasil t_hitung = 18,937 dan t_tabel = 2,1098, karena hasil t_hitung lebih besar dari t_tabel dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05, (2) terdapat pengaruh metode field trip terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD di Kecamatan Ngantru dari hasil t_hitung = 9,370 dan t_tabel = 2,109, karena hasil t_hitung lebih besar dari t_tabel dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05, dan (3) terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa dari t_hitung=3,186 dan t_tabel 2,1098 dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05.
|
|
Publisher |
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-08-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — Quasi-Experimental |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/637
10.28926/briliant.v6i3.637 |
|
Source |
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 3 (2021): Volume 6 Nomor 3, Agustus 2021; 486-496
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 3 (2021): Volume 6 Nomor 3, Agustus 2021; 486-496 2541-4224 2541-4216 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/637/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|