Record Details

Pengaruh Metode Field Trip Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Ngantru

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Metode Field Trip Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Ngantru
 
Creator Susanto, Didik
Baehaki, Imam
Juhana, FNU
 
Subject Pendidikan
Metode Field Trip; Keaktifan Siswa; Hasil Belajar
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode field trip terhadap keaktifan dan hasil  belajar siswa kelas IV SD di Kecamatan Ngantru. Penelitian ini merupakan penelitian quasy exsperimen control group design dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Kecamatan Ngantru, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Batokan sebagai kelas kontrol dan SDN Pakel sebagai kelas eksperimen.Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama dengan multi stage sampling dan tahap kedua adalah purposive sampling.Variabel bebas pada penelitian adalah metode field trip, sedangkan variabel terikat adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tehnik tes yaitu dengan pre test  dan post test. Selain itu, peneliti juga menggunakan tehnik non tes yaitu dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji_T (uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis) menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh metode field trip terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD di Kecamatan Ngantru dari hasil t_hitung = 18,937 dan t_tabel = 2,1098, karena hasil t_hitung lebih besar dari t_tabel dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05, (2) terdapat pengaruh metode field trip terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran  Bahasa Indonesia kelas IV SD di Kecamatan Ngantru dari hasil t_hitung = 9,370 dan t_tabel = 2,109, karena hasil t_hitung lebih besar dari t_tabel dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05, dan (3) terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa dari t_hitung=3,186 dan t_tabel 2,1098 dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2021-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

Quasi-Experimental
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/637
10.28926/briliant.v6i3.637
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 3 (2021): Volume 6 Nomor 3, Agustus 2021; 486-496
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 3 (2021): Volume 6 Nomor 3, Agustus 2021; 486-496
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/637/pdf
 
Rights Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0