Record Details

Jurnal Belajar Sebagai Refleksi Siswa Sekaligus Evaluasi Guru Selama Proses Pembelajaran

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Jurnal Belajar Sebagai Refleksi Siswa Sekaligus Evaluasi Guru Selama Proses Pembelajaran
 
Creator Susilo, Mohamad Joko
Hajar Dewantoro, Mohammad
Yuningsih, Yuningsih
Burhanuddin, Muh. Azhar
Wahab, Abdul
 
Subject Pendidikan; Biologi; Jurnal Belajar; SMA; Muhammadiyah; Sekolah
jurnal belajar; refleksi; mata pelajaran biologi; SMA
 
Description Persoalan selama pembelajaran kerap kali terjadi. Sebagaimana yang terjadi saat pembelajaran di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, siswa kurang antusisas dan kurang bergairah. Peneliti bermaksud untuk mengatasi solusi persoalan tersebut melalui implementasi jurnal belajar. Jurnal belajar merupakan strategi pendidik untuk memantau perkembangan belajar siswa. Jenis penelitian ini deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi jurnal belajar siswa dapat memberikan solusi atas persoalan-persoalan siswa dalam pembelajaran, tingkat kesulitan materi, pelaksanaan pembelajaran yang kurang menggugah minat, serta sebagai bentuk refleksi siswa dalam mencari solusi atas masalah belajarnya. Bagi pendidik, jurnal belajar dirasa dapat menjadi bahan pijakan untuk mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan dan sebagai pijakan untuk menyusun strategi dalam pembelajaran berikutnya.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2022-02-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

Survey
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/914
10.28926/briliant.v7i1.914
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 7, No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1, Februari 2022; 116-122
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 7, No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1, Februari 2022; 116-122
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/914/pdf
 
Rights Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0