Record Details

Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Kalidawir

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Kalidawir
 
Creator Nisak, Eny Djauharatun
 
Subject Education; Pendidikan Kewaarganegaraan;
mind mapping, hasil belajar, pkn,
 
Description Hasil observasi yang dilakukan di Kelas IX A pada waktu pembelajaran Pendidikan Kewaarganegaraan diperoleh hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 34 siswa hanya 8 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau 70, sedangkan 26 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau 69. Untuk itu, dilakukan penelitian ini dengan menerapkan metode mind mapping guna menyelesaikan masalah tersebut. penelitian ini merupakan suatu penelitian tindakan kelas dengan subyek siswa kelas IX A SMPN 1 Kalidawir. Adapun materi yang dipilh adalah Peran Indonesia dalam Hubungaan Internasional Dalam Era Globalisasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 52,9% dan pada siklus II 88,2%.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2018-02-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

Ptk
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/131
10.28926/briliant.v3i1.131
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1, Februari 2018; 13-24
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1, Februari 2018; 13-24
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/131/pdf
 
Rights Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0