Record Details

Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Fluida Statis

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Fluida Statis
 
Creator Estianinur, Estianinur
Parno, Parno
Latifah, Eny
 
Subject Pendidikan; Fisika
Pemecahan masalah; fluida statis
 
Description Salah satu komponen kunci dalam pembelajaran fisika adalah siswa memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif diterapkan pada 43 orang siswa kelas XII IPA. Instrumen yang digunakan berupa 3 butir soal uraian materi fluida statis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 59,60 (kategori sedang). Persentase siswa yang termasuk dalam kategori novice sebesar 86,0% (tekanan hidrostatis), 88,4% (hukum Pascal), dan 55,8% (hukum Archimedes). Di masa mendatang diperlukan penerapan pembelajaran yang menyajikan permasalahan kontekstual, pengalaman langsung, atau solusi permasalahan berbentuk proyek engineering.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
 
Date 2020-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

deskriptif, kualitatif
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/490
10.28926/briliant.v5i3.490
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 3 (2020): Volume 5 Nomor 3, Agustus 2020; 477- 487
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 3 (2020): Volume 5 Nomor 3, Agustus 2020; 477- 487
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/490/pdf
 
Rights Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0