Record Details

Implementasi Peta Pikiran (Mind Mapping) dalam menguasai Teori Kejuruan, untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif siswa kelas X Tata Kecantikan Rambut

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Peta Pikiran (Mind Mapping) dalam menguasai Teori Kejuruan, untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif siswa kelas X Tata Kecantikan Rambut
 
Creator Sumiati, Made
 
Subject education
Mind Mapping; teori kejuruan; tata kecantikan rambut; SMK
 
Description Siswa Tata Kecantikan Rambut kelas X tahun ajaran 2010/2011, rata-rata memiliki kemampuan akademik tergolong kurang. Mayoritas siswa kesulitan memahami teori, baik normatif, adaptif dan produktif. Pemahaman teori kejuruan sangat diperlukan tidak cukup mencapai KKM 75. Penelitian ini dilakukan guna menemukan model pembelajaran yang membantu siswa agar lebih mengerti, merangsang motivasi dan minat dalam belajar dengan pengelolaan kelas yang tepat yakni menerapkan teknik peta pikiran (Mind Mapping). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, mulai bulan April hingga Juni 2011. Setiap siklus membahas Kompetensi Dasar yang berbeda dari dua Standar Kompetensi, yaitu melakukan pratata dengan Kompetensi Dasar; menjelaskan teknik pratata rambut sesuai dengan alat yang digunakan dan melakukan penataan (Hair Styling) dan menjelaskan Desain Penataan Rambut (Hair Styling). Siswa lebih mudah mengingat materi pelajaran dalam waktu yang singkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antusias siswa dalam belajar dan prestasi belajar mereka meningkat, terlihat dari keaktifan di kelas pada siklus I sampai II, yaitu dari rerata 78 menjadi 88, serta hasil tes teori pada siklus II rerata 85,67.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2020-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/534
10.28926/briliant.v5i3.534
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 3 (2020): Volume 5 Nomor 3, Agustus 2020; 551-561
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 3 (2020): Volume 5 Nomor 3, Agustus 2020; 551-561
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/534/pdf
 
Rights Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0