Record Details

Pendekatan Realistik Mangrove Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di SD Pesisir Sampang

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pendekatan Realistik Mangrove Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di SD Pesisir Sampang
 
Creator Tafrilyanto, Chairul Fajar
Kurnadi, Bambang
 
Subject pendidikan
Realistik, Mangrove, Minat dan Hasil Belajar Matematika
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan realistik mangrove untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di SD pesisir Sampang. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, dengan subjek penelitian siswa kelas II SDN Taddan II Sampang sebanyak 40 orang. Subjek tersebut dipilih berdasarkan masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika. Untuk memperoleh data digunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan angket. Hasil dari penelitian yaitu Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan pendekatan realistik mangrove mengalami peningkatan sebesar 1,35. Terlihat dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 1,82 dengan kategori cukup dan pada siklus II menjadi 3,17 dengan kategori baik. Respon siswa dalam penggunaan pendekatan realistik mangrove menunjukkan adanya peningkatan dengan persentase sebesar 18,09%. Terlihat pada siklus I diperoleh persentase sebesar 73,41 % , dan pada siklus II menjadi 91,50%. Respon siswa kedua siklus efektif karena yang menunjukkan minat yang baik terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan realistik mangrove. Hasil belajar siswa dalam penggunaan pendekatan realistik mangrove juga mengalami peningkatan rata-rata sebesar 30,28 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 52,4%. Pada siklus I terdapat 37 siswa dengan nilai rata-rata 50,70. Sebanyak 13 siswa dinyatakan tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 35,10%. Sedangkan Pada siklus II terdapat 40 siswa dengan nilai rata-rata 80,98. Sebanyak 35 siswa dinyatakan tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 87,50%.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2018-11-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

PTK
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/246
10.28926/briliant.v3i4.246
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018; 454-462
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018; 454-462
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/246/PDF
 
Rights Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0