Record Details

PENGARUH KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA FISIKA DI SMP NEGERI 08 MUARO JAMBI

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA FISIKA DI SMP NEGERI 08 MUARO JAMBI
 
Creator Novelyya, Siska
 
Subject
Rasa Ingin Tahu, Siswa, dan Fisika
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah karakter rasa ingin tahu siswa memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA Fisika di SMP Negeri 08 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Statistik, yaitu menggunakan lembar angket berisi indikator-indikator. Populasi penelitian meliputi kelas VII, VIII, dan IX SMPN 08 Muaro Jambi, dengan jumlah keseluruhan  497 siswa. Sampel untuk penelitian menggunakan kelas VIII A dan VIII B, dengan jumlah keseluruhan 58 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian dengan membagikan lembar angket berisi indikator kepada tiap siswa, yang disertai tanggapan-tanggapan yang harus dipilih siswa. Data hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa, sikap rasa ingin tahu siswa terhadap mata pelajaran IPA Fisika memiliki pengaruh terhadap baik tidaknya hasil belajar siswa tersebut, namun hal tersebut tidak serta merta menentukan hasil belajar mereka. Supaya sikap rasa ingin tahu siswa lebih tinggi dan mendalam terhadap mata pelajaran IPA Fisika, maka pendidik tentunya dapat melakukan sebuah metode pembelajaran yang lebih menarik perhatian siswa. Sehingga siswa akan lebih fokus dalam memperhatikan pelajaran yang disampaikan pendidik saat proses pembelajaran berlangsung.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2019-05-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

Deskriptive Statistic
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/291
10.28926/briliant.v4i2.291
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 4, No 2 (2019): Volume 4 Nomor 2, Mei 2019; 174-181
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 4, No 2 (2019): Volume 4 Nomor 2, Mei 2019; 174-181
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/291/pdf
 
Rights Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0