Record Details

Internalisasi nilai-nilai Budaya Toleransi dalam pembelajaran sejarah (Studi kasus SMA Negeri 1 Banda Aceh)

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Internalisasi nilai-nilai Budaya Toleransi dalam pembelajaran sejarah (Studi kasus SMA Negeri 1 Banda Aceh)
 
Creator Azis, Abdul
Haikal, Muhammad
Iswanto, Sufandi
 
Subject Pendidikan
Internalisasi, nilai-nilai budaya, toleransi, pembelajaran sejarah,
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya toleransi kepada siswa di SMA Negeri 1 Banda Aceh melalui pembelajaran sejarah, pada dasarnya dalam budaya toleransi tersebut terkandung nilai-nilai yang berkaitan dengan keberagaman, suku, etnis, sosial dan agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta mengkaji dokumen dan arsip pembelajaran. Hasil penelitian ini yaitu; (1) mendeskripsikan pemahaman guru tentang nilai-nilai budaya toleransi; (2) mendeskripsikan nilai-nilai budaya toleransi dalam pembelajaran sejarah; (3) mendeskripsikan faktor-faktor kendala internalisasi nilai-nilai budaya toleransi dalam pembelajaran sejarah SMA Negeri 1 Banda Aceh. Dengan demikian, maka kesimpulannya adalah; (1) pemahaman guru terhadap nilai-nilai budaya toleransi dipahami secara mendasar dan baik, dikarenakan hal tersebut penting untuk diajarkan kepada siswa yang mengandung nilai kebebasan, kebudayaan, saling menghargai, aktifitas sosial, agama serta dapat diterapkan dalam beberapa mata pelajaran yang relevan ; (2) proses internalisasi nilai-nilai budaya sikap toleransi dalam pembelajaran sejarah dilaksanakan oleh guru sejarah melalui tiga tahapan kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, yang disimpulkan dalam RPP; (3) faktor-faktor kendala dalam internalisasi nilai-nilai budaya sikap toleransi pada pembelajaran sejarah adalah rendahnya tingkat keaktifan siswa, kurangnya pemahaman siswa dalam menyerapi materi, dan kesulitan dalam mengerjakan tugas serta keterbatasan alokasi waktu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2018-08-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

Interview
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/194
10.28926/briliant.v3i3.194
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018; 287-299
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018; 287-299
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/194/pdf
 
Rights Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0