Record Details

Penerapan Group Investigation untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VI pada Materi Bangun Ruang di MI GUPPI Ringinanom Udanawu

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Group Investigation untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VI pada Materi Bangun Ruang di MI GUPPI Ringinanom Udanawu
 
Creator Niam, Fathul
 
Subject pendidikan matematika
group investigation; pemahaman matematika; bangun ruang;
 
Description Penelitian ini dimaksudkan untuk mendiskripsikan penerapan group investigation yang dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VI pada materi bangun ruang. Menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian yang dilaksanakan di MI GUPPI Ringinanom Udanawu Blitar ini diikuti oleh 30 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Hasil dari dua siklus pembelajaran menunjukkan bahwa tindak pembelajaran dengan group investigation yang mampu meningkatkan pemahaman matematika siswa adalah: (1) guru selalu mengadakan tanya jawab tentang materi prasyarat yang dimiliki siswa sampai pemahaman mereka tentang materi prasyarat dipandang memadai untuk melakukan investigasi, (2) guru harus selalu berkeliling ke setiap kelompok dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami masalah secara individual, (3) guru menata posisi tempat duduk siswa dalam setiap pertemuan.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2018-08-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/222
10.28926/briliant.v3i3.222
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018; 349-353
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018; 349-353
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/222/pdf
 
Rights Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0