Korelasi Antara Kompetensi Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Dengan Prestasi Sekolah Dasar Se Kecamatan Rejotangan
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Korelasi Antara Kompetensi Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Dengan Prestasi Sekolah Dasar Se Kecamatan Rejotangan
|
|
Creator |
Andriani, Dian
Mudiono, Alif Hana, Ju |
|
Subject |
—
Kompetensi Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Prestasi Sekolah |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui korelasi kompetensi kepala sekolah dengan prestasi sekolah dasar, (2) mengetahui korelasi kinerja guru dengan prestasi sekolah dasar, dan (3) mengetahui korelasi kompetensi kepala sekolah dan kinerja guru dengan prestasi sekolah dasar se Kecamatan Rejotangan. Penelitian ini mengunakan desain penelitian korelasi yang berbentuk ex-post facto untuk mengumpulkan data yang berasal dari fenomena kehidupan nyata dengan tidak memberikan perlakuan terhadap kondisi tertentu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multi stage sampling dengan 2 tahap yakni cluster sampling dan random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 responden yang terdiri dari 5 kepala sekolah dan 37 guru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data secara nontes berupa angket (kuesioner) dan studi dokumen. Analisis data yang digunkan dalam penelitian menggunakan teknik analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara kompetensi kepala sekolah dan kinerja guru dengan prestasi sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1)Terdapat korelasi positif antara kompetensi kepala sekolah dengan prestasi sekolah dasar se Kecamatan Rejotangan, ditunjukkan dengan nilai signifikansi t sebesar 0,012, berarti ada korelasi yang signifikan dari variabel X1 terhadap variabel Y, (2) terdapat korelasi positif antara kinerja guru dengan prestasi sekolah se Kecamatan Rejotangan dibuktikan dengan nilai signifikansi t sebesar 0,002, berarti ada korelasi yang signifikan dari variabel X2 terhadap variabel Y, (3) terdapat korelasi positif antara kompetensi kepala sekolah dan kinerja guru dengan prestasi sekolah dasar se Kecamatan Rejotangan, dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 22,963, menunjukkan bahwa variabel X1 dan X2 secara bersama-sama mempengaruhi Y. Adapun saran yang disampaikan oleh peneliti adalah: kepala sekolah diharapkan mampu menerapkan kebijakan-kebijakan yang positif kepada guru dan guru hendaknya meningkatkan profesionalitas dan kinerjanya.
|
|
Publisher |
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-08-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/642
10.28926/briliant.v6i3.642 |
|
Source |
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 3 (2021): Volume 6 Nomor 3, Agustus 2021; 613-628
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 3 (2021): Volume 6 Nomor 3, Agustus 2021; 613-628 2541-4224 2541-4216 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/642/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|