Record Details

Hidden Card untuk Meningkatkan Kompetensi Pragmatik Anak Prasekolah dalam Pembelajaran Kosa Kata Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hidden Card untuk Meningkatkan Kompetensi Pragmatik Anak Prasekolah dalam Pembelajaran Kosa Kata Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa
 
Creator Hadi, Saptono
Hermawan, Agus
 
Subject pendidikan
Hidden card; Penguatan; Usia Dini
 
Description Riset ini berupaya mengungkapkan keefektifitasan media hidden card memacu kompetensi pragmatik anak didik Taman Kanak-Kanak dalam memperbanyak kosakata tiga bahasa. Ancangan teori merujuk model pengembangan Arif S. Sadiman, melalui tahap (1) rancangan pengembangan; (2) prosedur pengembangan (dilakukan kajian rancangan hidden card); (3) aplikasi rancangan hidden card (teknis aplikasi, subjek hidden card, jenis-jenis data, alat pengambil data, teknis menganalisis data). Riset menyatakan bahwa terdapat peningkatan kompetensi pragmatik pada anak didik Taman Kanak-Kanak dalam memperbanyak kosakata/tuturan tribahasa (Bin, Bing, Baja Krama Inggil), dan hidden card sebagai media pembelajaran pemerolehan bahasa dapat merangsang anak didik memperbanyak kosakata.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2020-05-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

analisis diskursif
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/476
10.28926/briliant.v5i2.476
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020; 326-340
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020; 326-340
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/476/pdf
 
Rights Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0