Record Details

Pemberdayaan Guru Pondok Pesantren di Kabupaten Batang Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalitas Guru dalam Program Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development)

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pemberdayaan Guru Pondok Pesantren di Kabupaten Batang Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalitas Guru dalam Program Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development)
 
Creator Kurniawan, Devi Dwi
Huda, S. Thoriqul
 
Subject
Pemberdayaan Guru; Pondok Pesantren; Profesionalitas Guru; Pembangunan Berkelanjutan
 
Description Penelitian ini bertujuan terwujudnya profesionalitas guru di Pondok Pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Batang dalam rangka program pembangunan berkelanjutan. Selain itu, penelitian ini menerapkan model pemberdayaan guru pondok pesantren yang mampu menjadi model dalam penyelenggaraan pendidikan pondok pesantren yang berkualitas. Target khusus penelitian ini adalah meningkatnya kompetensi mengajar guru Pondok Pesantren dan meningkatnya kualitas mutu Pondok Pesantren. Metodologi penelitian ini menggunakan partisipative action research dengan pendekatan partisipative rural action (PRA) dan rapid rural action (RRA). Tahap awal, Pondok Pesantren Bardan Wasalaman sebagai pilot project dalam pelaksanaan program diterapkan 3 jenis pelatihan mengenai peningkatan profesionalitas guru pondok pesantren dalam pembangunan berkelanjutan seperti: (1) pelatihan penyusunan kurikulum, silabus dan RPP, (2) pelatihan penelitian tindakan kelas, dan (3) pelatihan penyusunan dan analisis instrument penilaian. Pada tahap kedua, model yang dihasilkan disosialisasikan kepada ke pondok pesantren lain yang ada di Kabupaten Batang melalui jejaring kerjasama antara pondok pesantren yang telah dibentuk pada akhir tahap pertama. Pada tahap ketiga, model yang dihasilkan dipraktekan ke pondok pesantren lain yang ada di Kabupaten Batang. Hasil penelitian menunjukan (1) Profesionalisme Guru di Pondok Pesantren dengan mampu meningkatkan kompetensinya dalam menyusun kurikulum, silabus dan RPP dengan baik, (2) Profesionalisme Guru di Pondok Pesantren dengan mampu melakukan penelitian tindakan kelas guna menunjang peningkatan kompetensi mengajarnya, (3) Profesionalisme Guru di Pondok Pesnatren dengan mampu menyusun dan menganalisis instrumen penilaian, (4) Meningkatnya kualitas mutu pondok pesantren melalui penerapan manajemen pengelolaan pondok pesantren yang baik, (5) mensosialisasikan model pemberdayaan guru ke pondok pesantren lain yang ada di Kabupaten Batang, dan (6) Mempraktikan model pemberdayaan guru yang dihasilkan ke pondok pesantren lain yang ada di Kabupaten Batang.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2021-05-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/626
10.28926/briliant.v6i2.626
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 2 (2021): Vol 6, No 2 (2021): Volume 6 Nomor 2, Mei 2021; 351-362
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 2 (2021): Vol 6, No 2 (2021): Volume 6 Nomor 2, Mei 2021; 351-362
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/626/pdf
 
Rights Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0