Pengaruh Penerapan PBL terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Penerapan PBL terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung
|
|
Creator |
Ar Rozy, Fahrul
|
|
Subject |
Pendidikan; Pendidikan Dasar
problem based learning; motivasi belajar; soal cerita matematika |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan PBL terhadap motivasi belajar dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa SD. Jenis penelitian ini termasuk kuantitatif yang mengunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD di wilayah Kecamatan Ngunut. Untuk menentukan sampel menggunakan teknik multistage sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes hasil belajar tentang memecahkan soal cerita matematika. Teknik analisis data menggunakan uji T dan uji F dengan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara penerapan problem based learning terhadap motivasi belajar dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa SD di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.
|
|
Publisher |
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-11-18
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/654
10.28926/briliant.v6i4.654 |
|
Source |
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 4 (2021): Volume 6 Nomor 4, November 2021; 739-749
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 4 (2021): Volume 6 Nomor 4, November 2021; 739-749 2541-4224 2541-4216 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/654/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|