Record Details

Pengaruh Penerapan PBL terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Penerapan PBL terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung
 
Creator Ar Rozy, Fahrul
 
Subject Pendidikan; Pendidikan Dasar
problem based learning; motivasi belajar; soal cerita matematika
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan PBL terhadap motivasi belajar dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa SD. Jenis penelitian ini termasuk kuantitatif yang mengunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD di wilayah Kecamatan Ngunut. Untuk menentukan sampel menggunakan  teknik multistage sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes hasil belajar tentang memecahkan soal cerita matematika. Teknik analisis data menggunakan uji T dan uji F dengan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara penerapan problem based learning terhadap motivasi belajar dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa SD di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2021-11-18
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/654
10.28926/briliant.v6i4.654
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 4 (2021): Volume 6 Nomor 4, November 2021; 739-749
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 4 (2021): Volume 6 Nomor 4, November 2021; 739-749
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/654/pdf
 
Rights Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0