Record Details

Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya pada Program FTIK IAIN Pontianak Mengaji

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya pada Program FTIK IAIN Pontianak Mengaji
 
Creator Budiyono, Budiyono
 
Subject pendidikan
FTIK Mengaji; Membaca Al-Quran; Tutor Sebaya
 
Description FTIK Mengaji adalah program peningkatan kemampuan membaca al-quran mahasiswa menggunakan metode tutor sebaya. Peneliti melakukan pengamatan sebagai masukan untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya. Adapun temuan penelitian; (1) Jenis Program: Tahsin al-Quran, pembinaan akhlakul karimah, praktik ibadah. (2) Perencanaan program: Pengawasan melalui absensi, menentukan kriteria tutor, fokus meningkatkan kemampuan makharijul huruf dan Tajwid. (3) Pelaksanaan program: Wajib mematuhi tata tertib program, Klasifikasi kemampuan terdiri dari tinggi, sedang, rendah, menggunakan metode bimbingan satu per satu dihadapan tutor, tutor berasal dari mahasiswa dengan kategori kemampuan tinggi, program terlaksana dengan baik dan hambatannya beberapa mahasiswa tidak hadir tepat waktu.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2020-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/495
10.28926/briliant.v5i3.495
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 3 (2020): Volume 5 Nomor 3, Agustus 2020; 499-510
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 3 (2020): Volume 5 Nomor 3, Agustus 2020; 499-510
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/495/pdf
https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/downloadSuppFile/495/69
 
Rights Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0