Record Details

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPS Siswa SD Kelas V di Kecamatan Ngantru

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPS Siswa SD Kelas V di Kecamatan Ngantru
 
Creator Wardani, Ari
Baehaki, Imam
Sudrajat, Ajat
 
Subject
Problem Based Learning; keaktifan; hasil belajar
 
Description Pendidikan IPS di SD bertujuan membekali pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai siswa dalam kehidupan bermasyarakat. Kenyataan di lapangan banyak guru SD mengajarkan IPS dengan metode konvensional yang menekankan proses menghafal sehingga membatasi siswa berpikir kritis, aktif dan kreatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keaktifan siswa , apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa dan apakah ada pengaruh antara keaktifan terhadap hasil belajar pada muatan pelajaran IPS kelas V SD di Kecamatan Ngantru. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik Quasi Eksperimen, desain penelitiannya adalah Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian seluruh siswa kelas V di Kecamatan Ngantru, tehnik samplingnya menggunakan Multi Stage Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen test dan non test. Analisis data dalam penelitian menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2021-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

quasi eksperimen
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/636
10.28926/briliant.v6i3.636
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 3 (2021): Volume 6 Nomor 3, Agustus 2021; 475-485
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 3 (2021): Volume 6 Nomor 3, Agustus 2021; 475-485
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/636/pdf
 
Rights Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0