Record Details

Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent
 
Creator Narendra, S.Si., M.Pd., Risang
 
Subject Matematika
Pemahaman, Penyelesaian Masalah, Bangun Ruang Sisi Datar, Gaya Kognitif
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman subjek bergaya kognitif field Independent (FI) dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dimulai dengan pemilihan subjek penelitian yang dilakukan dengan pemberian tes gaya kognitif sehingga diperoleh subjek dengan gaya kognitif FI. Berdasarkan analisis data, pada tahap memahami masalah, subjek FI memiliki pemahaman relasional. Subjek FI memiliki pemahaman relasional. Subjek menyusun rencana berdasarkan aturan yang sudah ada dan mengetahui bagaimana dan mengapa aturan itu digunakan. Pada tahap melaksanakan rencana, subjek FI menyelesaikan masalah sesuai dengan aturan apa yang direncanakan sebelumnya dengan memberikan alasan bagaimana dan mengapa aturan itu digunakan. Pada tahap memeriksa kembali, subjek FI memiliki pemahaman instrumental. Hal ini terlihat saat subjek hanya mengecek kembali perhitungan yang telah dikerjakannya. Berdasarkan hasil analisis data, penulis menyarankan agar guru hendaknya memperhatikan perbedaan gaya kognitif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hal ini dimaksudkan agar semua siswa dapat memiliki pemahaman yang lebih bagus lagi terhadap materi bangun ruang sisi datar. Selain itu, model pembelajaran atraktif bisa guru pergunakan supaya siswa tertarik terhadap materi bangun ruang sisi datar ini. Jika siswa tertarik terhadap suatu materi pembelajaran, maka secara otomatis siswa akan mempelajari dengan sungguh-sungguh materi yang disampaikan oleh gurunya.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2019-02-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/271
10.28926/briliant.v4i1.271
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1, Februari 2019; 72-77
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1, Februari 2019; 72-77
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/271/pdf
 
Rights Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0