Record Details

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN HASIL BELAJAR PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING
 
Creator Hermiati, Siti Warindiyah
 
Subject hasil belajar, pecahan, quantum learning
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada materi pecahan dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa.. Subyek penelitian sebanyak 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus meliputi empat langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh, rata-rata nilai aktivitas siswa siklus I sebesar 10,24 dengan ketuntasan klasikal 64% dan meningkat pada siklus II sebesar 12,16 dengan ketuntasan klasikal 76%. Hasil belajar siswa yang tuntas siklus I sebanyak 14 siswa dengan ketuntasan klasikal 56% dan meningkat pada siklus II sebanyak 21 siswa ketuntasan klasikal 84%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada materi pecahan dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2016-11-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/12
10.28926/briliant.v1i1.12
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016; 82-87
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016; 82-87
2541-4224
2541-4216
 
Language id
 
Rights Copyright (c) 2016 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0