Record Details

Refleksi Pelaksanaan Pembelajaran pada Praktik Mengajar Mahasiswa di jenjang SD sederajat Untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Refleksi Pelaksanaan Pembelajaran pada Praktik Mengajar Mahasiswa di jenjang SD sederajat Untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris
 
Creator Aulia, Vivi
 
Subject Refleksi; Pelaksanaan Pembelajaran; Bahasa Inggris; Sekolah Dasar
education; EFL teaching; primary school
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil refleksi pelaksanaan pembelajaran 20 orang mahasiswa pada praktik mengajar bahasa Inggris dijenjang SD. Data penelitian ini diambil dari hasil laporan individu mahasiswa yang berisi refleksi mereka ketika melaksanakan praktik mengajar. Terdapat enam aspek pelaksanaan pembelajaran yang direfleksikan mahasiswa. Pertama, mahasiswa membuka pembelajaran dikelas dengan brainstorming. Kedua, siswa belum banyak mengenal kosakata bahasa Inggris sebagai materi utama pembelajaran. Ketiga, media pembelajaran yang menggunakan LCD sangat membantu dalam penyampaian materi pembelajaran. Keempat, siswa lebih rileks bila belajar dengan menggunakan permainan yang melibatkan gerak anggota tubuh. Kelima, kondisi kelas yang gaduh, alokasi waktu pembelajaran yang belum efisien, komunikasi dan instruksi antara guru dan siswa yang belum maksimal, kesulitan siswa yang utama pada pelafalan bahasa Inggris, serta terbatasnya sumber belajar siswa. Aspek refleksi terakhir adalah mahasiswa menutup pembelajaran dengan memberikan penguatan akan materi yang telah diajarkan.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2019-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

Descriptive
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/355
10.28926/briliant.v4i3.355
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019; 359-378
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019; 359-378
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/355/pdf
 
Rights Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0