Record Details

Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas F4 SMAN 5 Malang Pada Materi Turunan

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas F4 SMAN 5 Malang Pada Materi Turunan
 
Creator Agustina, Iska
Qohar, Abd
 
Subject Education
Pemahaman matematis; penemuan terbimbing; turunan fungsi
 
Description Pemahaman matematis adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa. Namun demikian pemahaman matematis siswa secara umum masih rendah. Artikel ini berisi tentang hasil penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA F4 SMAN 5 Malang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa pada materi turunan. Hasil dari tes pemahaman matematis siswa mengalami peningkatan dari rata-rata hasil tes pada siklus I yaitu 70.1 menjadi 85.54 pada siklus II. Dari penelitian ini disarankan untuk para guru untuk memberikan pengetahuan prasyarat untuk materi yang akan diajarkan supaya siswa bisa memprediksi apa yang akan dipelajari. Selain itu guru disarankan memberi scaffolding secara khusus kepada siswa supaya siswa lebih aktif dalam berdiskusi dan dapat membangun pengetahuannya sendiri.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2020-05-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

Eksperimental
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/466
10.28926/briliant.v5i2.466
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020; 283-291
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020; 283-291
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/466/pdf
 
Rights Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0