Record Details

Perubahan Penguasaan Konsep Mekanika Newtonan Melalui Pembelajaran Collaborative Inquiry (CI) Berbasis Diagram Interaksi

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Perubahan Penguasaan Konsep Mekanika Newtonan Melalui Pembelajaran Collaborative Inquiry (CI) Berbasis Diagram Interaksi
 
Creator Zainuddin, Abu
Kusairi, Sentot
Zulaikah, Siti
 
Subject Education
Penguasaan konsep; collaborative inquiry; diagram interaksi
 
Description Penelitian bertujuan mengungkap perubahan penguasaan konsep Mekanika Newtonan mahasiswa yang menempuh Mata kuliah Fisika Sekolah di Universitas Negeri Surabaya setelah pembelajaran Collaborative Inquiry berbasis diagram diagram interaksi. Peningkatan penguasaan konsep diukur dengan 20 butir soal pilihan ganda beralasan. Berdasarkan hasil uji t-berpasangan diperoleh t = -11.6 dengan sig. = 0.00 yang menunjukkan bahwa skor pretest dan postest berbeda secara signifikan. Peningkatan tersebut dalam kategori sedang, diindikasikan dengan N-gain 0.38. Perbedaan skor dengan kategori kuat diindikasikan oleh effect size 2,17. Selain itu, peningkatan penguasaan konsep diindikasi dari bertambahnya jumlah mahasiswa yang memberikan alasan benar dalam menjawab soal terutama dalam memahami konsep gaya.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2020-02-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

embedded Experimental Model
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/443
10.28926/briliant.v5i1.443
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020; 151-162
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020; 151-162
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/443/pdf
 
Rights Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0