Record Details

Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif
 
Creator Setiawan, Heri
Aji, Styo Mahendra Wasita
Aziz, Abdul
 
Subject Primary Education
Tantangan; guru SD; inklusif
 
Description Setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam mengenyam pendidikan, termasuk siswa dengan kebutuhan khusus. Salah satu strategi yang dilakukan pemerintah untuk memberikan layanan pendidikan yang layak kepada semua warganya yaitu melalui implementasi pendidikan inklusif pada semua jenjang pendidikan. Dilapangan, guru merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan inklusif. Metode penulisan artikel ini menggunakan kajian pustaka (literature review). Hasil kajian literatur yang dilakukan merumuskan hasil bahwa guru SD inklusif di masadepan dengan segala kompetensi dan sumber daya yang ada ditantang untuk secara riil memahami karakteristik siswa yang terus berubah seiring laju perkembangan zaman; mampu beradaptasi dan berinovasi melalui kegiatan penelitian sebagai tugas wajib selain mengajar; serta mampu memaksimalkan learning community yang sudah tersedia melalui KKG maupun wadah komunikasi lain agar dapat menjadi guru SD inklusif yang profesional.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2020-05-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

library research
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/458
10.28926/briliant.v5i2.458
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020; 241-251
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020; 241-251
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/458/pdf
 
Rights Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0