Record Details

Pengembangan Modul Pemahaman Diri Sebagai Media Inovasi Bimbingan Berbasisi Karakter Siswa SD Di Era New Normal

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Modul Pemahaman Diri Sebagai Media Inovasi Bimbingan Berbasisi Karakter Siswa SD Di Era New Normal
 
Creator Witono, Hari
Karma, I Nyoman
Hakim, Mansur
Setiawan, Heri
 
Subject Pendidikan Dasar
modul pemahaman diri, BK, bimbingan, karakter
 
Description Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan modul Pemahaman Diri  berbasisi Karakter  Siswa SD. Penelitian menggunakan prosedur penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Subyek dalam penelitian yaitu ahli materi BK, ahli bahan ajar, serta guru kelas dan siswa SDN 3 Cakranegara. Bentuk data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis data penelitian menggunakan system mixed analisys (analisis data campuran) kuantitatif dan kualitative.  Hasil penelitian menunjukkan modul Pemahaman Diri yang dikembangkan berada pada kategori layak berdasar penilaian ahli materi BK dan ahli bahan ajar. Tingkat keterpakaian modul Pemahaman Diri  Sebagai Media Inovasi  Bimbingan Berbasisi Karakter  Siswa SD Di Era New Normal berada pada kategori sangat layak berdasar penilaian guru dan siswa. Artinya, bahwa modul bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pemahaman diri dapat digunakan sebagai media dalam layanan bimbingan dan konseling. Modul yang dikembangkan hanya sebatas pada uji coba kelompok kecil, untuk itu perlu dilakukan uji coba lapangan untuk melihat efektivitas pemakaian modul untuk meningkatkan kemampuan pemahaman diri siswa SD.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2022-02-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/894
10.28926/briliant.v7i1.894
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 7, No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1, Februari 2022; 105-115
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 7, No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1, Februari 2022; 105-115
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/894/pdf
 
Rights Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0