Kajian Pendekatan Analogi dalam Pembelajaran Biologi yang Bermakna
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Kajian Pendekatan Analogi dalam Pembelajaran Biologi yang Bermakna
|
|
Creator |
Yuningsih, Yuningsih
Susilo, Mohamad Joko |
|
Subject |
education; Pendidikan; Biologi
pendekatan; analogi; pembelajaran; biologi; bermakna |
|
Description |
Pembelajaran bermakna perlu diimplementasikan oleh setiap pendidik pada setiap materi pembelajaran, terlebih materi pembelajaran yang abstrak. Salah satu inovasinya menggunakan pendekatan analogi. Kajian ini bertujuan untuk menguraikan kekuatan analogi sebagai pendekatan untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna. Berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan bahwa pendekatan analogi merupakan proses penalaran yang membandingkan dua buah obyek yang memiliki kesamaan untuk menghasilkan pengetahuan baru berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki peserta didik. Kekuatan analogi tidak terbatas untuk materi berupa konsep saja, melainkan jenis materi proses maupun struktur. Lebih dari itu, penggunaan analogi dalam pembelajaran menyebabkan peserta didik sulit melupakan konsep yang sudah terpatri di otak mereka.
|
|
Publisher |
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-08-13
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — Literacy Analysis |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/188
10.28926/briliant.v3i3.188 |
|
Source |
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018; 268-279
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018; 268-279 2541-4224 2541-4216 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/188/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|