Record Details

Kajian Pendekatan Analogi dalam Pembelajaran Biologi yang Bermakna

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kajian Pendekatan Analogi dalam Pembelajaran Biologi yang Bermakna
 
Creator Yuningsih, Yuningsih
Susilo, Mohamad Joko
 
Subject education; Pendidikan; Biologi
pendekatan; analogi; pembelajaran; biologi; bermakna
 
Description Pembelajaran bermakna perlu diimplementasikan oleh setiap pendidik pada setiap materi pembelajaran, terlebih materi pembelajaran yang abstrak. Salah satu inovasinya menggunakan pendekatan analogi. Kajian ini bertujuan untuk menguraikan kekuatan analogi sebagai pendekatan untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna. Berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan bahwa pendekatan analogi merupakan  proses penalaran yang membandingkan dua buah obyek yang memiliki kesamaan untuk menghasilkan pengetahuan baru berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki peserta didik. Kekuatan analogi tidak terbatas untuk materi berupa konsep saja, melainkan jenis materi proses maupun struktur. Lebih dari itu, penggunaan analogi dalam pembelajaran menyebabkan peserta didik sulit melupakan konsep yang sudah terpatri di otak mereka.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2018-08-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

Literacy Analysis
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/188
10.28926/briliant.v3i3.188
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018; 268-279
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018; 268-279
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/188/pdf
 
Rights Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0