Record Details

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatan Hasil Belajar Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V SDN Kraton Kabupaten Kediri

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatan Hasil Belajar Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V SDN Kraton Kabupaten Kediri
 
Creator Suparmi, Suparmi
 
Subject
Hasil Belajar Menyimak; Contxtual Teaching and Learning (CLT); Cerita Rakyat
 
Description Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui penggunaan model pembelajaran CTL terharap peningkatan hasil belajar menyimak cerita rakyat pada siswa kelas V SDN Kraton Kabupaten Kediri. (2) Mengetahui penggunaan model pembelajaran CTL dalam meningkatan aktivitas belajar menyimak cerita rakyat pada siswa kelas V SDN Kraton Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 75% dengan nilai rata-rata kelas 75. Setelah dilaksanakan siklus II, nilai rata-rata kelas maningkat menjadi 83 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 93,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 8 dengan kenaikan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 18,75%. Hasil pengamatan aktivitas siswa menunjukkan jumlah rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I yakni sebanyak 307 dengan persentase keaktifan belajar siswa sebesar 53,21% dengan kriteria Cukup. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus II. Jumlah rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus II yakni sebanyak 423 dengan persentase keaktifan belajar siswa sebesar 73,44% dengan kriteria Baik.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2019-11-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/398
10.28926/briliant.v4i4.398
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019; 455-463
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019; 455-463
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/398/pdf
 
Rights Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0