Metode Belajar Menurut Imam Zarnuji: Telaah Kitab Ta’lim Al Muta’alim
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Metode Belajar Menurut Imam Zarnuji: Telaah Kitab Ta’lim Al Muta’alim
|
|
Creator |
Shofwan, Arif Muzayyin
|
|
Subject |
pendidikan, agama islam, kitab, literasi
Metode Belajar, Imam Zarnuji, Kitāb Ta’līm al-Muta’allim |
|
Description |
Sebelum para pakar Barat memperkenalkan metode belajar kepada dunia secara luas, sebenarnya Islam sudah memiliki metode belajar sendiri untuk para pelajar. Metode belajar tersebut telah ditulis oleh salah satu intelektual muslim abad pertengahan yang bernama Imam Zarnuji dalam kitab berjudul Kitāb Ta’līm al-Muta’allim. Tulisan ini bertujuan menelaah sekelumit biografi Imam Zarnuji dan metode belajar yang ditawarkan. Adapun metode penulisan dalam penelitian ini menggunakan riset perpustakaan dengan mengambil berbagai literatur yang sesuai dengan kajian. Tulisan ini menghasilkan dua temuan, yaitu: Pertama, Imam Zarnuji merupakan salah satu intelektual muslim abad pertengahan yang telah menulis metode belajar secara sistematis sebelum para pakar Barat memperkenalkan metode belajar modern. Kedua, dalam pandangan Imam Zarnuji, apabila para pelajar ingin sukses mendapatkan manfaat dari ilmu pengetahuan, maka ada dua hal yang harus dilaksanakan, yaitu: (1) hendaknya melakukan dengan benar ketika menapaki jalan atau metode dalam menempuh ilmu pengetahuan; (2) hendaknya melaksanakan syarat-syarat dalam menempuh ilmu pengetahuan. Dengan melaksanakan kedua hal tersebut, maka para pelajar akan mendapatkan ilmu pengetahuan serta mendapatkan manfaat ilmu pengetahuan yang dicita-citakan,
|
|
Publisher |
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-11-13
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — Literasy Analisys |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/96
10.28926/briliant.v2i4.96 |
|
Source |
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 2, No 4 (2017): Volume 2 Nomor 4, November 2017; 408-423
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 2, No 4 (2017): Volume 2 Nomor 4, November 2017; 408-423 2541-4224 2541-4216 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/96/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|