Record Details

Efektifitas Pelatihan Problem Solving dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Efektifitas Pelatihan Problem Solving dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Pendidikan Anak Usia Dini
 
Creator Rahayu, Puji Ika
Pratitis, Niken Titi
Matulessy, Andik
 
Subject Pendidikan
Problem Solving, Mind Mapping, Kreativitas
 
Description Guru pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tenaga professional yang dituntut memiliki kompetensi dan ketrampilan tertentu terutama terkait dengan kemampuan mengembangkan pembelajaran kreatif di satuan pendidikan anak usia dini. Fakta di lapangan menunjukkan masih banyak guru PAUD yang memiliki kreativitas rendah, sehingga berdampak pada keberlangsungan kegiatan pembelajaran, bahkan berdampak pada penilaian akreditasi satuan pendidikan anak usia dini. Melalui penelitian yang bertujuan membuktikan efektivitas pelatihan problem solving dengan teknik mind mapping dalam meningkatkan kreativitas guru pendidikan anak usia dini, didesain sebuah metode penelitian secara eksperimen dengan melibatkan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang bertugas pada satuan pendidikan anak usia dini terakreditasi C di Kabupaten Kotawaringin Barat yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan problem solving dengan teknik mind mapping efektif dalam meningkatkan kreativitas sehingga hipotesis penelitian diterima (p < 0,01 ).
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2021-05-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

Experimental
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/594
10.28926/briliant.v6i2.594
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 2 (2021): Vol 6, No 2 (2021): Volume 6 Nomor 2, Mei 2021; 329-338
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 2 (2021): Vol 6, No 2 (2021): Volume 6 Nomor 2, Mei 2021; 329-338
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/594/pdf
 
Rights Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0