Record Details

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Bilangan Melalui Model Treffinger Berbantuan Masalah Open-Ended

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Bilangan Melalui Model Treffinger Berbantuan Masalah Open-Ended
 
Creator Juliantari, Ni Putu
Suharta, I Gusti Putu
Suarsana, I Made
 
Subject Pendidikan Matematika
bilangan, matematika, open-ended, pemecahan masalah, treffinger
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan tanggapan siswa melalui penerapan model treffinger berbantuan masalah open-ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 SMPN 2 Singaraja sebanyak 32 siswa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan analisis data, secara klasikal menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan ditiap siklus secara berturut-turut, yaitu 46,88%, 68,75%, 87,5% dengan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah dari siklus ke siklus secara berturut-turut, yaitu 74,69, 77,60, 82,08. Selain itu, siswa merespon sangat positif model treffinger berbantuan masalah open-ended.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor Universitas Pendidikan Ganesha
 
Date 2018-11-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

PTK
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/235
10.28926/briliant.v3i4.235
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018; 425-435
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018; 425-435
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/235/PDF
 
Rights Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0