Penurunan Minat bersekolah di SD Negeri dibandingkan SD Islam: Studi Kasus di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penurunan Minat bersekolah di SD Negeri dibandingkan SD Islam: Studi Kasus di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar
|
|
Creator |
Solihin, Riyadus
Fauzi, Achmad Ryan |
|
Subject |
Education; Pendidikan; Sekolah Dasar
penuruan, minat, sekolah dasar negeri |
|
Description |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena yang terjadi di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Dimana ketika memasuki usia sekolah dasar kebanyakan orang tua siswa memilih menyekolahkan anaknya ke Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar Islam (SDI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab penurunan minat untuk bersekolah di Sekolah Dasar Negeri dibandingkan Sekolah Dasar Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif berjenis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan minat ini disebabkan karena program pendidikan keagamaan di SDI/MI lebih banyak dan seimbang daripada di SDN. Sementara saat ini masyarakat sangat membutuhkan sekolah yang berbasis keagamaan dengan harapan adanya kesimbangan antara ilmu umum dan agama yang kelak dapat membentuk akhlak anak mereka.
|
|
Publisher |
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-08-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — Case Study |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/84
10.28926/briliant.v2i3.84 |
|
Source |
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 2, No 3 (2017): Volume 2 Nomor 3, Agustus 2017; 392-401
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 2, No 3 (2017): Volume 2 Nomor 3, Agustus 2017; 392-401 2541-4224 2541-4216 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/84/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|