Record Details

Analisis Level Pemahaman Konsep Tekanan Hidrostatis Mahasiswa Calon Guru Fisika dengan Four-Tier Test

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Level Pemahaman Konsep Tekanan Hidrostatis Mahasiswa Calon Guru Fisika dengan Four-Tier Test
 
Creator Ghofur, Mohammad Kamal Abdul
Taqwa, Muhammad Reyza Arief
 
Subject Pendidikan Fisika
Level pemahaman konsep, Tekanan hidrostatis, Four-tier test
 
Description Penelitian dalam mengungkap miskonsepsi terus dikembangkan hingga saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengungkap level pemahaman konsep tekanan hidrostatis mahasiswa dengan menggunakan soal four-tier test. Penelitian dilakukan pada 50 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Materi dan Pembelajaran Fisika di jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Berdasarkan jawaban mahasiswa, data dianalisis untuk mengategorikan level pemahaman konsep mahasiswa menjadi pemahaman mantap (PM), pemahaman sebagian (PS), pemahaman sebagian dengan miskonsepsi spesifik (PSMS), miskonsepsi spesifik (MS), dan tidak paham (TP). Berdasarkan temuan penelitian menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa mengalami miskonsepsi.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2021-12-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

Survey
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/707
10.28926/briliant.v6i4.707
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 4 (2021): Volume 6 Nomor 4, November 2021; 903-912
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 6, No 4 (2021): Volume 6 Nomor 4, November 2021; 903-912
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/707/pdf
 
Rights Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0