Record Details

Pembelajaran Virtual Fisika Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa SMA

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pembelajaran Virtual Fisika Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa SMA
 
Creator Wijayanti, Nanda
Jatmiko, Budi
 
Subject
Problem Based Learning; Higher Order Thinking Skill; pembelajaran virtual; fisika
 
Description Higher Order Thinking Skill (HOTs) berperan penting dalam pembelajaran abad 21, meliputi berpikir secara kritis dan inovatif. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran virtual fisika dengan model Problem Based Learning untuk meningkatkan HOTs Siswa SMA. Jenis peneltian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan one-group pre-test post-test design tanpa adanya kelompok kontrol. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu peserta didik SMAN 17 Surabaya yang seluruhnya berjumlah 62 peserta didik yang terbagi dalam 2 (dua) kelas. Data dikumpulkan menggunakan Instrumen berupa: tes HOTs, angket respons siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data melaluiĀ  uji-t berpasangan, perhitungan N-gain, dan uji-t independen. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran virtual fisika dengan Model PBL efektif meningkatkan HOTs siswa SMA yang ditunjukkan oleh adanya peningkatan skor HOTs siswa yang secara statistik signifikan pada alfa 5%; rerata n-gain kedua kelas masing-masing berkategori sedang; rerata n-gain tidak berbeda secara signifikan dari kedua kelas; dan respons siswa berkategori sangat baik terhadap pembelajaran menggunakan model PBL. Dengan ini, pembelajaran virtual model PBL bisa menjadi masukan bagi guru untuk memperbaiki HOTs siswa.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2022-02-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/964
10.28926/briliant.v7i1.964
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 7, No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1, Februari 2022; 145-156
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 7, No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1, Februari 2022; 145-156
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/964/pdf
 
Rights Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0