Penguasaan Konsep Siswa dalam Argument Driven Inquiry Berbasis Fenomena Disertai Penilaian Formatif
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penguasaan Konsep Siswa dalam Argument Driven Inquiry Berbasis Fenomena Disertai Penilaian Formatif
|
|
Creator |
Mufidah, Jamiatul
Parno, Parno Diantoro, Markus |
|
Subject |
—
Penguasaan konsep; argument driven inquiry; fenomena; penilaian formatif; |
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran argument driven inquiry berbasis fenomena disertai penilaian formatif. Desain penelitian embedded experimental model dengan metode mixed methode. penelitian X IPA-1 di SMAN 1 Pademawu. Instrumen penelitian berupa 13 soal pilihan ganda beralasan. Data kuantitatif penelitian dianalisis dengan menggunakan t-paired test, N-gain, dan effect size. Data kualitatif berupa alasan dan hasil wawancara siswa. Hasil penilitian menunjukkan bahwa nilai effect size 2.88 (kuat) dan N-gain 0.33 (rendah). Siswa masih kesulitan dalam Hukum Newton pada soal C3, C4, dan C5 dimana banyak siswa menjawab benar namun tidak dapat memberikan alasan dengan benar.
|
|
Publisher |
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-11-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/516
10.28926/briliant.v5i4.516 |
|
Source |
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020; 749-761
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020; 749-761 2541-4224 2541-4216 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/516/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|