Record Details

Penguasaan Konsep Siswa dalam Argument Driven Inquiry Berbasis Fenomena Disertai Penilaian Formatif

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penguasaan Konsep Siswa dalam Argument Driven Inquiry Berbasis Fenomena Disertai Penilaian Formatif
 
Creator Mufidah, Jamiatul
Parno, Parno
Diantoro, Markus
 
Subject
Penguasaan konsep; argument driven inquiry; fenomena; penilaian formatif;
 
Description Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran argument driven inquiry berbasis fenomena disertai penilaian formatif. Desain penelitian embedded experimental model dengan metode mixed methode. penelitian X IPA-1 di SMAN 1 Pademawu. Instrumen penelitian berupa 13 soal pilihan ganda beralasan. Data kuantitatif penelitian dianalisis dengan menggunakan t-paired test, N-gain, dan effect size. Data kualitatif berupa alasan dan hasil wawancara siswa. Hasil penilitian menunjukkan bahwa nilai effect size 2.88 (kuat) dan N-gain 0.33 (rendah). Siswa masih kesulitan dalam Hukum Newton pada soal C3, C4, dan C5 dimana banyak siswa menjawab benar namun tidak dapat memberikan alasan dengan benar.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2020-11-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/516
10.28926/briliant.v5i4.516
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020; 749-761
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020; 749-761
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/516/pdf
 
Rights Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0