Record Details

Pengaruh Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika pada Matakuliah Termodinamika

Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika pada Matakuliah Termodinamika
 
Creator Alam, Yuniar
 
Subject pendidikan fisika
Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran fisika
 
Description Proses belajar mengajar sangat menentukan keberhasilan hasil belajar, strategi pembelajaran bergantung pada kepiawaian pengajar dalam menggunakan metode dan teknik pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mencari pengaruh hasil belajar termodinamika menggunakan penguasaan keterampilan proses sains pada mahasiswa UNU Blitar dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur, angket dan instrumen. Pembelajaran menggunakan keterampilan proses sain menunjukan peningkatan yang signifikan dalam mencapai hasil belajar dimana siswa lebih mudah memahami dan mengerti dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Teknik Pengumpulan data menggunakan pretest-postest dengan indicator yang sesuai dengan pembelajaran. Hasil data menunjkan bahwa keterampilan proses sain memiliki pengaruh yang signifikan untuk proses pembelajaran fisika.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Contributor
 
Date 2019-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

One Group Pretest-Posttest Design
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/338
10.28926/briliant.v4i3.338
 
Source Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019; 282-288
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual; Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019; 282-288
2541-4224
2541-4216
 
Language ind
 
Relation https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/338/pdf
 
Rights Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0