Record Details

STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI WINGKO BABAT

e-Prosiding SNasTekS

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI WINGKO BABAT
 
Creator Yaskun, Mohammad
Priya Pambudy, Akhlis
Hidayat, Khoirul
 
Subject Industri Wingko, Strategi, SWOT
 
Description Wingko merupakan jajanan khas yang berasal dari Babat, Lamongan. Dalam perkembangannya wingko tersebar di berbagai daerah di Lamongan dan sekitarnya. Industri wingko babat pada tahun 2005 mampu memproduksi hingga 1.500 wingko/hari, sedangkan pada tahun 2015 mengalami penurunan menjadi 1.000 wingko/hari. Persaingan yang terjadi membuat produksi tidak stabil, bahkan mengalami penurunan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang strategi pengembangan Industri Wingko Babat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah strategi pengembangan Industri Wingko Babat agar dapat berkembang dan membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar serta meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Lamongan. Metode yang digunakan adalah Kerangka Perumusan Strategi (Strategy Formulation Framework) Fred R David yang menggabungkan data External Factor Evaluation (EFE) dan Internal Factor Evaluation (IFE), kemudian dilakukan Analisis SWOT dan Grand Strategy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa strategi yang harus dilakukan oleh Industri Wingko Babat yaitu: menjaga mutu produk, pengembangan produk, mengurus ijin halal, pemasaran dengan media online, diversifikasi produk, perbaikan sistem manajemen usaha, dan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah.
 
Publisher e-Prosiding SNasTekS
 
Date 2020-05-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/105
 
Source e-Prosiding SNasTekS; Vol. 1 No. 1 (2019): e-Prosiding SNasTekS ; 357-366
 
Language eng
 
Relation https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/105/90