STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI WINGKO BABAT
e-Prosiding SNasTekS
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI WINGKO BABAT
|
|
Creator |
Yaskun, Mohammad
Priya Pambudy, Akhlis Hidayat, Khoirul |
|
Subject |
Industri Wingko, Strategi, SWOT
|
|
Description |
Wingko merupakan jajanan khas yang berasal dari Babat, Lamongan. Dalam perkembangannya wingko tersebar di berbagai daerah di Lamongan dan sekitarnya. Industri wingko babat pada tahun 2005 mampu memproduksi hingga 1.500 wingko/hari, sedangkan pada tahun 2015 mengalami penurunan menjadi 1.000 wingko/hari. Persaingan yang terjadi membuat produksi tidak stabil, bahkan mengalami penurunan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang strategi pengembangan Industri Wingko Babat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah strategi pengembangan Industri Wingko Babat agar dapat berkembang dan membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar serta meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Lamongan. Metode yang digunakan adalah Kerangka Perumusan Strategi (Strategy Formulation Framework) Fred R David yang menggabungkan data External Factor Evaluation (EFE) dan Internal Factor Evaluation (IFE), kemudian dilakukan Analisis SWOT dan Grand Strategy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa strategi yang harus dilakukan oleh Industri Wingko Babat yaitu: menjaga mutu produk, pengembangan produk, mengurus ijin halal, pemasaran dengan media online, diversifikasi produk, perbaikan sistem manajemen usaha, dan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah.
|
|
Publisher |
e-Prosiding SNasTekS
|
|
Date |
2020-05-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/105
|
|
Source |
e-Prosiding SNasTekS; Vol. 1 No. 1 (2019): e-Prosiding SNasTekS ; 357-366
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/105/90
|
|