Record Details

PERANCANGAN APLIKASI TEKNOLOGI CHATBOT UNTUK INDUSTRI KOMERSIAL 4.0

e-Prosiding SNasTekS

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERANCANGAN APLIKASI TEKNOLOGI CHATBOT UNTUK INDUSTRI KOMERSIAL 4.0
 
Creator Natadian Astuti, Rani
Fatchan, Muhamad
 
Subject Chatbot, Customer service, TF-IDF
 
Description Pelayanan customer service yang diberikan kurang efektif karena adanya keterbatasan dalam waktu kerja yang tidak 24 jam penuh dan customer service kurang responsife dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan. Untuk itu perlu adanya teknologi chatbot sebagai pengganti peran customer service. Chatbot dapat merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat dan dapat bekerja hingga 24 jam penuh, sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan mengurangi biaya pengeluaran perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Term Frequency – Invers Document Frequency (TF-IDF) untuk melakukan perhitungan bobot pada setiap kata dalam dokumen. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi chatbot mampu menangani pertanyaan-pertanyaan dengan pola yang berbeda-beda, namun tetap dapat memberikan jawaban yang sesuai dengan masing-masing kategori serta chatbot dapat berperan sebagai customer service yang dapat melayani pertanyaan pelanggan.
 
Publisher e-Prosiding SNasTekS
 
Date 2020-05-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/103
 
Source e-Prosiding SNasTekS; Vol. 1 No. 1 (2019): e-Prosiding SNasTekS ; 339-348
 
Language eng
 
Relation https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/103/88