EVALUASI DAN PERBAIKAN MUTU LAYANAN KLINIK KESEHATAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE AHP-QFD
e-Prosiding SNasTekS
View Archive InfoField | Value | |
Title |
EVALUASI DAN PERBAIKAN MUTU LAYANAN KLINIK KESEHATAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE AHP-QFD
|
|
Creator |
Hasan Abdullah, M.
Jaya Suwondo, Ampar |
|
Subject |
AHP, QFD, Klinik Kesehatan
|
|
Description |
Penelitian ini diajukan untuk melakukan identifikasi kebutuhan dan tingkat kepentingan konsumen secara ekspresif dan detil melalui pendekatan integrasi dua metode. Integrasi Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan quality function deployment (QFD) digunakan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan layanan pada sebuah klinik kesehatan. AHP digunakan untuk memperoleh preferensi konsumen terhadap layanan klinik secara matematis. QFD digunakan untuk menentukan tindakan perbaikan serta target layanan sesuai kebutuhan pasien. Kuesioner disebarkan dengan dua tahapan secara acak untuk mengetahui bobot setiap faktor dan gap (kesenjangan) antara kenyataan dan harapan pasien pada klinik yang dikunjungi. Hasil penelitian ini diperoleh 4 faktor primer dengan pembobotannya yakni faktor kualitas (0.350), fasilitas (0.233), biaya (0.213), dan lokasi (0.204), yang menjadi prioritas pelanggan dalam memilih sebuah klinik kesehatan. Selain itu ada 12 faktor sekunder yang menjadi kebutuhan pelanggan. Berdasarkan faktor dan peringkat inilah yang menjadi sasaran untuk melakukan evaluasi dan perbaikan layanan.
|
|
Publisher |
e-Prosiding SNasTekS
|
|
Date |
2020-05-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/95
|
|
Source |
e-Prosiding SNasTekS; Vol. 1 No. 1 (2019): e-Prosiding SNasTekS ; 253-266
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/95/80
|
|