ANALISA IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI PERKULIAHAN MAHASISWA VOKASI
e-Prosiding SNasTekS
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISA IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI PERKULIAHAN MAHASISWA VOKASI
|
|
Creator |
Nadziroh, Faridatun
Rahmannuri, Handi Nur Amalina, Evy |
|
Subject |
Blended Learning, Pemahaman Materi, Mahasiswa Vokasi
|
|
Description |
Mahasiswa vokasi merupakan mahasiswa dengan kurikulum praktikum lebih besar daripada teori. Dengan pembelajaran praktikum 60% dan teori 40% menjadikan mahasiswa vokasi membutuhkan pendekatan model pembelajaran yang dapat mempermudah dosen dalam menyampaikan teori secara maksimal. Tingkat keberhasilan penyampaikan materi diukur berdasarkan nilai kuisioner yang diperoleh dari mahasiswa. Atas dasar tersebut, maka penulis mengimplementasikan model blended learning sebagai upaya utama meningkatkan kualitas belajar mahasiswa vokasi. Model blended learning merupakan kombinasi pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online. Analisa hasil penelitian dilakukan dari data kuisioner tentang pemahaman materi perkuliahan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil kuisioner sebesar 3,80 yang termasuk dalam kategori “Faham”. Hasil uji validitas isi kuisioner menunjukkan nilai sebesar 0,51 yang berarti bahwa validitas tinggi dengan nilai “baik”.
|
|
Publisher |
e-Prosiding SNasTekS
|
|
Date |
2020-05-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/91
|
|
Source |
e-Prosiding SNasTekS; Vol. 1 No. 1 (2019): e-Prosiding SNasTekS ; 211-222
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/91/76
|
|