PERANAN TINGKAT KUALITAS PELAYANAN DALAM MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN DI SUPERMARKET X
e-Prosiding SNasTekS
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PERANAN TINGKAT KUALITAS PELAYANAN DALAM MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN DI SUPERMARKET X
|
|
Creator |
Hakim, Luqman
Sri Wulandari, Rina Maulana, Candra |
|
Subject |
Karyawan, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kinerja
|
|
Description |
Kualitas pelayanan memegang peranan penting dalam hal peningkatan produktivitas perusahaan, khususnya perusahaan yang bergerak di bidang jasa, baik jasa penjualan maupun jasa pelayanan. Supermarket merupakan salah satu usaha di bidang jasa penjualan sehingga kualitas pelayanan harus selalu diperhatikan. Saat ini persaingan dalam bidang perusahaan supermaret sangat ketat. Para pengelola supermarket berlomba untuk memberikan kualitas pelayanan yang baik bagi konsumennya. Untuk itu, pengelola supermarket berusaha meningkatkan dari kualitas pelayanan dengan menerapkan sistem manajemen tertentu. Kualitas pelayanan yang kurang baik akan menyebabkan efek tidak nyaman pada konsumen, dan lama kelamaan mulai beralih/pindah ke supermarket pesaingnya. Perkembangan supermarket di Indonesia semakin cepat bahkan sudah banyak bermunculan di daerah-daerah pinggiran, di Sidoarjo sendiri sudah banyak dijumpai supermarket misalnya di daerah Kecamatan Tarik, Prambon, Balongbendo dan kecamatan lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa di daerah kecilpun perkembangan supermarket sudah sangat pesat. Guna menjaga eksistensi dari supermarket itu sendiri, maka setiap pengelola supermarket harus selalu memperhatikan manajemen atau pengelolaan yang baik, khususnya dalam hal kualitas pelayanan. Faktor-faktor utama yang harus dilakukan perbaikan oleh pihak supermarket untuk meningkakan kepuasan pelanggan diantaranya yaitu karyawan membantu konsumen dalam memilih produk yang diinginkan, kelengkapan produk yang ditawarkan, kemampuan karyawan dalam membantu konsumen mendapatkan produk yang dibutuhkan, suhu ruangan toko yang nyaman, kenyamanan ruangan toko, mempunyai katalog produk promo khusus seperti diskon tiap bulannya, dan perusahaan memiliki beberapa jenis produk unggulan dengan harga yang lebih murah dibanding kompetitor lain.
|
|
Publisher |
e-Prosiding SNasTekS
|
|
Date |
2020-05-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/90
|
|
Source |
e-Prosiding SNasTekS; Vol. 1 No. 1 (2019): e-Prosiding SNasTekS ; 199-210
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/90/75
|
|