Record Details

IMPLEMENTASI TELEGRAM BOT API UNTUK INFORMASI KEHADIRAN SISWA DI SEKOLAH

e-Prosiding SNasTekS

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IMPLEMENTASI TELEGRAM BOT API UNTUK INFORMASI KEHADIRAN SISWA DI SEKOLAH
 
Creator Hariono, Tholib
Anshori Aris Widya, Moh.
 
Subject Telegram Bot Api, Fingerprint, Kehadiran Siswa
 
Description Informasi kehadiran siswa saat ini penting diketahui oleh orang tua untuk mengetahui siswa membolos atau tidak. Pemantauan siswa yang membolos tidaklah mudah karena dibutuhkan komunikasi rutin antara orang tua dengan pihak sekolah. Banyak siswa yang pamit kepada orang tuanya berangkat ke sekolah, namun kenyataannya siswa tersebut membolos atau datang terlambat. Informasi kehadiran siswa jarang sekali sampai kepada orang tua hal ini dikarenakan sistem kehadiran di sekolah masih dilakukan manual atau sistem kehadiran dilakukan menggunakan teknologi fingerprint, tetapi tidak ada fasilitas interaksi dengan orang tua, sehingga informasi kehadiran siswa tidak bisa langsung diketahui oleh orang tua. Penelitian ini mengembangkan sistem kehadiran siswa dengan aplikasi messenger telegram untuk mengirimkan laporan kehadiran siswa di sekolah kepada orang tua sesaat setelah siswa melakukan kehadiran melalui fingerprint. Digunakannya messenger telegram karena memiliki fasilitas bot api yang memungkinkan pengiriman pesan dilakukan melalui integrasi dengan software lain. Hasil penelitian menunjukkan pengiriman informasi kehadiran siswa melalui bot telegram dapat berjalan dengan baik dalam waktu hitungan detik. Kecepatan dalam memperoleh informasi kehadiran siswa inilah diharapkan dapat mengantisipasi siswa yang membolos karena dapat diketahui secara dini.
 
Publisher e-Prosiding SNasTekS
 
Date 2020-05-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/88
 
Source e-Prosiding SNasTekS; Vol. 1 No. 1 (2019): e-Prosiding SNasTekS ; 173-186
 
Language eng
 
Relation https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/88/73