Record Details

PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KELAS VIRTUAL GOOGLE CLASSROOM

e-Prosiding SNasTekS

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KELAS VIRTUAL GOOGLE CLASSROOM
 
Creator Ashoumi, Hilyah
Syafiuddin Shobirin, Mochammad
 
Subject Aktifitas Belajar, Google Classroom, Pendidikan Agama Islam
 
Description Media Pembelajaran berbasis teknologi kini menjadi hal yang sangat dibutuhkan di perguruan tinggi baik bagi mahasiswa maupun dosen. Kemampuan dan kecanggihan google classroom sebagai e-learning berbasis web dan mobile dibeberapa penelitian dapat meningkatkan minat, motivasi serta hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik. Performa dalam penyimpanan data serta menyajikan konten dinamis seperti video yang stabil membuat peneliti tertarik untuk meneliti pengembangan kelas virtual google classroom pada Mata Kuliah PAI di Fakultas Non-Agama Islam sebagai upaya mendukung aktifitas belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Bahan Ajar PAI dengan menggunakan kelas virtual Google classroom serta bagaimana Bahan Ajar PAI menggunakan kelas virtual google classroom dapat mendukung aktifitas belajar mahasiswa. Di dalam penelitian ini, dilakukan suatu penelitian yang membuat suatu rancangan konten media yang disajikan melalui google classroom dengan memvalidasi atau menguji efektivitas, efisiensi, dan kepraktisan produk tersebut. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa menjadi referensi dan bahan bagi Pengajar/Dosen PAI dalam pelaksanaan pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang biasanya disingkat dengan R n D sehingga langkah-langkah penelitian melalui tujuh tahap yakni, (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5)perbaikan desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk.
 
Publisher e-Prosiding SNasTekS
 
Date 2020-05-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/86
 
Source e-Prosiding SNasTekS; Vol. 1 No. 1 (2019): e-Prosiding SNasTekS ; 149-160
 
Language eng
 
Relation https://journal.unusida.ac.id/index.php/snts/article/view/86/71