Record Details

IMPLEMENTASI METODE AL-QOSIMI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAT PENDEK SISWA DI TPQ AL-ISHLAH KECAMATAN MENGANTI GRESIK

Lintang Songo : Jurnal Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2620-407X
2528-4207
 
Authentication Code dc
 
Title Statement IMPLEMENTASI METODE AL-QOSIMI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAT PENDEK SISWA DI TPQ AL-ISHLAH KECAMATAN MENGANTI GRESIK
 
Personal Name rizal mauludin
Universitas Sunan Giri Surabaya
 
Summary, etc. Salah satu cara menjaga keaslian Al-Qur’an adalah menghafalnya, yang biasa kita kenal dengan tahfidz Al-Qur’an. Sejak Al-Qur’an diturunkan hingga kini banyak orang yang menghafalkan Al-Qur’an. Memasukkan tahfidz Al-Qur’an (menghafal Al-Qur’an) sebagai target hafalan disebuah lembaga pendidikan tentu tidak begitu saja dipikirkan. Penetapannya sebagai target memerlukan pemikiran yang lebih sekali, seperti: kualitas pembimbing dalam hal hafalan, dan yang tidak kalah penting adalah metode yang digunakan dalam menerapkan bimbingan tahfidz Al-Qur’an. Dalam kasus penelitian ini yaitu siswa di salah satu TPQ Menganti Gresik lebih tepatnya di TPQ AL-ISHLAH Menganti Gresik, sulit untuk menghafal surat-surat pendek dalam Juz ‘AMMA (10 surat pendek), dikarenakan ketidaktahuan seorang guru untuk memberikan suatu metode yang praktis untuk menangani kasus tersebut dan ada salah satu metode dalam menghafal Al-Qur’an, yaitu metode Al-Qosimi. Metode Al-Qosimi tersebut adalah metode cepat dan praktis untuk menghafal Al-Qur'an. Dipraktekkan bersama maupun tanpa guru. Dari usia pra sekolah hingga lansia.Permasalahan yang ingin dicari dari penelitian ini adalah: Bagaimana Implementasi Metode Al-Qosimi dalam Meningkatkan Hafalan Surat Pendek Siswa di TPQ AL-ISHLAH Menganti Gresik? Metode yang digunakan untuk data dalam penelitian ini antara lain, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pelaksanaan penerapan metode Al-Qosimi untuk menangani kesulitan menghafal siswa/i di TPQ Al-Ishlah dikategorikan sudah berhasil. Hal itu dapat dilihat dari hasil proses hafalan 10 surat pendek yang sudah dihafalkan dengan baik secara hafalan keseluruhan. Akan tetapi hal tersebut masih membutuhkan komitmen yang kuat dari subyek untuk dapat benar-benar memotivasi diri dengan baik untuk menghindari kemalasan dan kebosanan saat mengaji dan menghafal, sehingga hasilnya akan lebih optimal.
 
Publication, Distribution, Etc. LINTANG SONGO
 
Electronic Location and Access application/pdf
https://journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/439
 
Data Source Entry Lintang Songo : Jurnal Pendidikan; Vol. 4 No. 2 (2021): Lintang Songo:Jurnal Pendidikan
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Copyright (c) 2021 Lintang Songo : Jurnal Pendidikan