IMPLEMENTASI METODE AL-QOSIMI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAT PENDEK SISWA DI TPQ AL-ISHLAH KECAMATAN MENGANTI GRESIK
Lintang Songo : Jurnal Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2620-407X 2528-4207 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
IMPLEMENTASI METODE AL-QOSIMI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAT PENDEK SISWA DI TPQ AL-ISHLAH KECAMATAN MENGANTI GRESIK |
|
Personal Name |
rizal mauludin Universitas Sunan Giri Surabaya |
|
Summary, etc. |
Salah satu cara menjaga keaslian Al-Qur’an adalah menghafalnya, yang biasa kita kenal dengan tahfidz Al-Qur’an. Sejak Al-Qur’an diturunkan hingga kini banyak orang yang menghafalkan Al-Qur’an. Memasukkan tahfidz Al-Qur’an (menghafal Al-Qur’an) sebagai target hafalan disebuah lembaga pendidikan tentu tidak begitu saja dipikirkan. Penetapannya sebagai target memerlukan pemikiran yang lebih sekali, seperti: kualitas pembimbing dalam hal hafalan, dan yang tidak kalah penting adalah metode yang digunakan dalam menerapkan bimbingan tahfidz Al-Qur’an. Dalam kasus penelitian ini yaitu siswa di salah satu TPQ Menganti Gresik lebih tepatnya di TPQ AL-ISHLAH Menganti Gresik, sulit untuk menghafal surat-surat pendek dalam Juz ‘AMMA (10 surat pendek), dikarenakan ketidaktahuan seorang guru untuk memberikan suatu metode yang praktis untuk menangani kasus tersebut dan ada salah satu metode dalam menghafal Al-Qur’an, yaitu metode Al-Qosimi.
Metode Al-Qosimi tersebut adalah metode cepat dan praktis untuk menghafal Al-Qur'an. Dipraktekkan bersama maupun tanpa guru. Dari usia pra sekolah hingga lansia.Permasalahan yang ingin dicari dari penelitian ini adalah: Bagaimana Implementasi Metode Al-Qosimi dalam Meningkatkan Hafalan Surat Pendek Siswa di TPQ AL-ISHLAH Menganti Gresik?
Metode yang digunakan untuk data dalam penelitian ini antara lain, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pelaksanaan penerapan metode Al-Qosimi untuk menangani kesulitan menghafal siswa/i di TPQ Al-Ishlah dikategorikan sudah berhasil. Hal itu dapat dilihat dari hasil proses hafalan 10 surat pendek yang sudah dihafalkan dengan baik secara hafalan keseluruhan. Akan tetapi hal tersebut masih membutuhkan komitmen yang kuat dari subyek untuk dapat benar-benar memotivasi diri dengan baik untuk menghindari kemalasan dan kebosanan saat mengaji dan menghafal, sehingga hasilnya akan lebih optimal.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
LINTANG SONGO |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf https://journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/439 |
|
Data Source Entry |
Lintang Songo : Jurnal Pendidikan; Vol. 4 No. 2 (2021): Lintang Songo:Jurnal Pendidikan |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Copyright (c) 2021 Lintang Songo : Jurnal Pendidikan |
|