PENGGUNAAN IRINGAN INTERNAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENARI BAGI SISWA KELAS VII B SMP N 5 REMBANG PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Lintang Songo : Jurnal Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2620-407X 2528-4207 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PENGGUNAAN IRINGAN INTERNAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENARI BAGI SISWA KELAS VII B SMP N 5 REMBANG PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020 |
|
Personal Name |
Tri Jayati SMP Negeri 5 Rembang |
|
Summary, etc. |
Kompetensi menari bagi siswa kelas VII B SMP N 5 Rembang merupakan suatu materi ajar yang belum dikuasai dengan baik. Hal ini terbukti dari hasil tes yang masih di bawah standar kompetensi sekolah yaitu 69,13 dari KKM 77%. Untuk itu peneliti ingin mengetahui seberapa tinggi peningkatan hasil belajar menari dengan menggunakan iringan internal. Disamping itu juga untuk mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran menari dengan menggunakan iringan internal. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus tediri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP N 5 Rembang. Tehnik Pengumpulan data dilakukan pada akhir siklus dengan menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes unjuk kerja menari dengan menggunakan iringan internal. Sedangkan instrumen nontes berupa pedoman observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar menari dengan menggunakan iringan internal siswa mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari 69,13 dengan kategori kurang pada prasiklus naik menjadi 78,80 dengan kategori cukup pada siklus I, dan kemudian naik lagi menjadi 85,60 dengan kategori baik pada siklus II. Adapun ketuntasan siswa juga mengalami  peningkatan dari 43,33% pada prasiklus, naik menjadi 66,67% pada siklus I, dan kemudian naik lagi menjadi 93,33% pada siklus II. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu hasil belajar siswa yang mendapat nilai sesuai KKM (≥77) minimal 75% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada proses pembelajaran juga terjadi perubahan perilaku siswa pada pembelajaran menari dengan menggunakan iringan internal yang mengalami peningkatan ke arah positif. Penggunaan iringan internal mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam bentuk peningkatan keantusiasannya pada saat menari, meningkatkan keaktifannya pada saat bekerja sama dengan kelompok, dan meningkatkan keberanian siswa saat mempresentasikan karyanya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan iringan internal dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Seni Budaya khususnya Seni Tari bagi siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Rembang Tahun Pelajaran 2019/2020.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
LINTANG SONGO |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf https://journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/438 |
|
Data Source Entry |
Lintang Songo : Jurnal Pendidikan; Vol. 4 No. 2 (2021): Lintang Songo:Jurnal Pendidikan |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Copyright (c) 2021 Lintang Songo : Jurnal Pendidikan |
|